Kamis, 07 April 2011

Anatomi dan fisiologi jantung

Jantung merupakan organ vital yang berfungsi untuk memompa darah keseluruh tubuh sehingga kebutuhan oksigen jaringan terpenuhi dan sisa-sisa metabolisme dapat terbuang melalui proses respirasi. Ukuran jantung kira-kira sebesar kepalan tangan. Jantung berada di dalam rongga thoraks, tepatnya di ICS (Inter Costal Space)  3 – 5 thorax sinistra. Jika ukuran jantung lebih dari ICS 3 – 5 maka disebut kardiomegali (pembesaran jantung).
Jantung diselimuti oleh suatu selaput yang disebut perikardium. Perikardium dibagi menjadi dua yaitu : 
  • Perikardium parietalis.
Perikardium perietalis merupakan selaput luar jantung yang melekat pada tulang dada dan selaput paru-paru. 
  • Perikardium visceralis.
Perikardium visceralis merupakan selaput dalam yang melekat pada jantung. Perikardium ini juga biasa disebut epikardium.
Diantara kedua perikardium tersebut terdapat pelumas yang berguna untuk memberi ruang dan mencegah gesekan ketika jantung berkontraksi untuk memompa darah.
Jantung memiliki empat ruangan yaitu atrium kanan, atrium kiri, ventrikel kanan , dan ventrikel kiri. Secara umum atrium berfungsi sebagai tempat pengumulan darah dan ventrikel berfungsi sebagai pemompa darah.
  • Atrium kanan.
    Atrium kanan berfungsi sebagai tempat penampungan darah yang mengandung CO2 dan hasil metabolisme yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.
    • ·         Ventrikel kanan.
    Ventrikel kanan berfungsi untuk memompa darah yang berasal dari atrium kanan ke paru-paru.
    • ·         Atrium kiri.
    Atrium kiri berfungsi sebagai tempat penampungan darah yang berasal dari paru-paru sehingga kaya dengan O2.
    • ·         Ventrikel kiri.
    Ventikel kiri berfungsi untuk memompa darah yang penuh dengan O2 keseluruh tubuh.

    Mekanisme singkat kinerja jantung
    Darah yang penuh dengan CO2 ­dan sisa-sisa metabolisme dari tubuh  melalui vena cava superior dan inferior masuk ke atrium kanan kemudian melalui katup trikuspidalis darah dari atrium kanan masuk ke dalam ventrikel kanan. Kemudian darah tersebut dipompa ke paru-paru. Darah yang penuh O2 ­dari paru-paru masuk ke dalam atrium kiri. Dari atrium kiri melalui katup mitralis masuk ke dalam ventrikel kiri. Kemudian darah tersebut dipompa oleh ventrikel kiri keseluruh tubuh melali katup aorta

    •       Penting
    Pada dasarnya semua jaringan dalam tubuh kita membutuhkan oksigen untuk proses metabolisme. Jantung juga membutuhkan supply oksigen yang cukup. Jantung mendapatkan supply oksigen dari sirkulasi korona yang berawal dari basis aorta asendens kemudian mengembalikan darah yang tidak mengandung oksigen ke atrium kanan. Pembuluh darah koroner memiliki banyak anastomosis. Gangguan pada sistem ini akan menyebabkan iskhemia miokard dan bila terjadi secara terus-menerus maka akan terjadi infark miokard.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar